Rabu, 15 Oktober 2014

kediri



Kediri
Kediri merupakan salah satu kabupaten atau kota yang terletak di jawa timur bagian tengah barat.
Kediri berbatasanlansung dengan Blitar, Malang, jombang, Nganjuk, Tulungaggung. Motto kediri yaitu Kediri bersinar terang.  Kediri sering disebut kota tahu takwa karena kediri mempunyai ciri khas oleh-oleh yaitu tahu takwa atau tahu kuning dan berbagai olahan tahu, gethuk pisang, bagelan( sejenis roti yang dikeringkan). Makanan khas kediri itu nasi pecel ditambah sambal tumpang (sayuh tempe). Makanan ini sangat murah meriah dan mengenyangkan. Di kediri banyak penjual nasi pecel tumpang, salah tunya yaitu di sepanjang jalan Dhoho Kota Kediri pada waktu malam hari. Tempat itu sudah terkenal dengan suasana malam dengan nasi pecel tumpang.
Dari segi wisata kini kediri sudah mempunyai banyak wisata dari wisata alami, maupun wisata buatan. Kolam renang pagora, water park Tirtayasa, taman sekartaji, dermaga jayabaya, goa selomangkleng, goa maria pusharang, wisata gunung kelud, wisata candi surowono, candi tegowangi, monumen simpang lima gumul, gumul paradise island, air terjun dholo, air terjun besuki, taman wisata ubalan, makam sri aji jayabaya, masjid agung, masjid an-nurr dan masih banyak yang lain.
Di kediri banyak pusat perbelanjaan kediri town squre, kediri mall, ramayana, golden swalayan, golden theater, dhoho plaza, dhoho squre, ufo mall electronic, ajbs swalayan, jayabaya trade senter, borobudur swalayan dan toserba, kris galeri trade center, plaza kediri swalayan, komplek ruko stadion brawijaya, pasar pahing, pasar sentono betek, pasar pare, pasar bandar, pasar raya sriratu. Bahasa yang digunakan sehari –hari yaitu bahasa jawa dan bahasa indonesia. Pusat industri ada pabrik rokok gudang garam, pabrik rokok apc, pabrik gulo. Diatas adalah sekilas uraian tentang daerah kabupaten kediri dan kota kediri.
sumber : klik disini
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Kediri
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kediri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar